Rabu, 09 Mei 2012

Metode Pendidikan kepramukan


METODE PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN



PENDAHULUAN
Metode ialah suatu cara atau teknik untuk mempermudah tercapainya tujuan kegiatan


MATERI POKOK
1.      Metode Pendidikan Kepramukaan adalah cara memberikan pendidikan watak kepada peserta didik melalui kegiatan Pendidikan Kepramukaan yang menarik, menyenangkan dan menantang, yang disesuaikan dengan kondisi, situasi dan kegiatan peserta didik
2.      Metode Pendidikan Kepramukaan merupakan cara belajar progresif melalui :
a)      Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka
b)      Belajar sambil melakukan learning by doing
c)      Sistem beregu Patrol system
d)     Kegiatan yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota muda
e)      Kegiatan di alam terbuka
f)       Kemitraan dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan
g)      Sistem tanda kecakapan
h)      Sistem satuan terpisah untuk putera dan puteri
i)        Kiasan dasar
3.      Penjelasan masing-masing unsur sebagai anak sistem metode Pendidikan Kepramukaan
a)      Pengamalan Kode Kehormatan, kode kehormatan dilakukan dengan
Ø  Menjalankan ibadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing
Ø  Membina kesadaran berbangsa dan bernegara
Ø  Mengenal, memelihara dan melestarikan lingkungan beserta alam seisinya
Ø  Memiliki sikap kebersamaan
Ø  Hidup secara sehat jasmani dan rohani
Ø  Bersikap terbuka, mematuhi kesepakatan dan memerhatikan kepentingan bersama, membina diri untuk bertutur kata dan bertingkah laku sopan, ramah dan sabar
Ø  Membiasakan diri memberikan pertolongan, berpartisipasi dalam kegiatan bakti, dan mampu mengatasi tantangan tanpa mengenal sikap putus asa
Ø  Kesediaan dan ke ikhlasan menerima tugas, berupa melatih ketrampilan dan pengetahuan, riang gembira dalam menjalankan tugas menghadapi kesulitan maupun tantangan
Ø  Bertindak dan hidup secara hemat, teliti dan waspada dengan membiasakan hidup secara bersahaja
Ø  Mengendalikan dan mengatur diri, berani mengahadapi tantangan dan kenyataan, berani mengakui kesalahan, memegang teguh prinsip dan tatanan yang benar dan taat terhadap aturan atau kesepakatan
Ø  Membiasakan diri menepat janji dan bersikap jujur
Ø  Memiliki daya pikir dan daya nalar yang baik, dalam gagasan pembicaraan dan tindakan
b)      Belajar sambil melakukan
Belajar sambil melakukan, dilaksanakan dengan :
Ø  Kegiatan Pendidikan Kepramukaan dilakukan melalui praktek sacara prakris sebanyak mungkin
Ø  Mengarahkan perhatia peserta didik untuk melakukan hal kegiatan yang nyata, serta merangsang rasa keingintahuan terhadap hal-hal baru dan keinginan untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan
c)      Sistem beregu
Sistem beregu dilaksanakan dengan alasan :
Ø  Sistem beregu dilaksanakann agar peserta didik memperoleh kesempatan belajar memimpin dan dipimpin berorganisasi, memilkul tanggung jawab, mengatur diri, menempatkan diri, bekerja sama dalam kerukunan (gotong royong)
Ø  Peserta didik dikelompokkan dalam satuan gerak yang dipimpin oleh mereka sendiri, dan merupakan wadah kerukunan diantara mereka
Ø  Kegiatan ini mempermudah penyampaian pesan di alam terbuka dan mengurangi rentang kendali spend of control

d)     Kegiatan yang menantang dan mengikat serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan jasmani dan rohani anggota muda pelaksanaan metode dilakukan dengan :
Ø  Kegiatan Pendidikan Kepramukaan yang menantang dan menarik minat kaum muda, untuk menjadi pramuka dan bagi mereka yang telah menjadi pramuka agar tetep terpikat dan mengikuti serta mengembangkan acara kegiatan yang ada
Ø  Kegiatan Pendidikan Kepramukaan bersifat kreatif, inovaif dan rekreatif yang mengandung pendidikan
Ø  Kegiatan dilaksanakan secara terpadu
Ø  Pendidikan dalam Gerakan Pramuka dilaksanakan dalam tahapan peningkatan bagi kemampuan dan perkembangan individu maupun kelompok
Ø  Materi kegiatan pendidikan kepramukaan disesuaiakan dengan usia dan jasmani serta rohani peserta didik
Ø  Kegiatan Pendidikan Kepramukaan disuhakan agar dapat mengembangkan bakat, minat dan emosi peserta didik serta menunjang dan berfaedah bagi perkembangan diri pribadi masyarakat dan lingkungannya

e)      Kegiatan di alam terbuka
Ø  Kegiatan di alam terbuka memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dengan kebutuhan untuk melestarikanya, selain itu mengembangkan suatu sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam
Ø  Kegiatan di alam terbuka memotivasi peserta didik untuk ikut menjaga lingkungan dan setiap kegiatan hendaknya selaras dengan alam
Ø  Kegiatan di alam terbuka dapat “
·         Mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi
·         Membangun kesadaran bahwa tidak ada sesuatu berlebihan didalam dirinya
·         Menemukan kembali cara hidup yangmneyenangkan dalam kesederhanaan
·         Membina kerjasama dan rasa memiliki

f)       Kemitraan dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan
Ø  Anggota dewasa berfungsi sebagai perancana, organisator, pelaksana, pengendali, pengawas, dan penilai serta bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan Pendidikan Kepramukaan anggota muda
Ø  Pramuka Penegak dan Pandega berfungsi sebagai pembantu aggota dewasa dalam melaksanakann kegiatan Pendidikan Kepramukaan
Ø  Anggota muda mendapatkan perdampingan dan pembinaan dari anggota dewasa, seblum malaksanakan kegiatan anggota muda berkonsultasi dulu dengan anggota dewasa

g)      Sisitem tanda kecakapan
Ø  Tanda kecakapan adalah tanda yang menujukkan kecakapan dan ketrampilan tertentu yang dimiliki peserta didik
Ø  Sistem tanda kecakapan bertujuan mendorong dan merangsang para pramuka agar selalu berusaha memperoleh kecakapan dan ketrampilan
Ø  Setiap pramuka wajib berusaha memperoleh ketrampilan dan kecakapan yang berguna bagi kehidupan diri dan baktinya kepada masyarakat
Ø  Tanda kecakapan yang disediakan untuk peserta didik ialah :
·         Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang diwajibkan untuk dimiliki oleh pserta didik
·         Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang disediakan untuk dimiliki oleh peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya
·         Tanda Pramuka Garuda (TPG)
·          
h)      Sistem satuan terpisah untuk putera dan puteri
Ø  Satuan Pramuka Puteri dibina oleh Pembina Puteri, satuan Pramuka putera dibina oleh Pembina Putera
Ø  Perindukan siaga putera dapat dibina oleh pembina puteri
Ø  Jika kegiatan diselenggarakan dalam bentuk perkemahan harus dijamin dan dijaga agar tempat perkemahan puteri dan perkemahan putera terpisah. Perkemahan puteri dipimpin oleh pembina puteri dan perkemahan putera dipimpin oleh pembina putera
i)        Kiasan dasar pelaksanaan metode Pendidikan Kepramukaan
Ø  Kiasan Dasar adalah ungkapan yang digunakan secara simbolik dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan kepramukaan
Ø  Kiasan dasar digunakan untuk mengembangkan imajinasi, seuai dengan usia perkembangan peserta didik
Ø  Kegiatan pendidikan Kepramukaan bila dikemas dengan kiasan dasar akan lebih menarik, dan memperkuat motivasi
Ø  Kiasan Dasar bila digunakan akan mempercepat perkuatan lima ranah kecerdasan terutama ecerdasar emosional
4.      Pelaksanaan Metode Pendidikan Kepramukaan
a.       Metode Pendidikan Kepramukaan pada hakekatnya tidak dapat dilepaskan dari Prinsip dasar Pendidikan Kepramukaan
b.      Metode Pendidikan Kepramukaan sebagai suatu sistem terdiri atas unsur-unsur pengamalan Kode Kehormatan, Belajar sambil melakukan, sistem berkelomppok, kegiatan menantang yang mengandung pendidikan, kegiatan di alam terbuka, sistem tanda kecakapan, sistem satuan terpisah untuk putera dan untuk puteri dan sistem among. Sistem among merupakan su sistem terpadu dan terkait, yang tiap unsurnya mengandung unsur pendidikan yang spesifik dan saling memperkuat serta menunjang tercapainya tujuan

PENUTUP
1.      Pelaksanaan metode kepramukaan dlam suatu kegiatan Pendidikan Kepramukaan terpadu dengan pelaksanaan Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan, sehingga dalam penerapan metode Pendidikan Kepramukaan selalu dijiwai oleh prinsip dasar Pendidikan Kepramukaan
2.      Metode Kepramukaan ciri khas pendidikan dalam Gerakan Pramuka
3.      Metode Kepramukaan merupakan tiang atau sendi-sendi bangunan dalam setiap kegiatan Pendidikan Kepramukaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentarnya mudah-mudahan bermanfaat