METODE
PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN
PENDAHULUAN
Metode ialah suatu cara atau teknik untuk
mempermudah tercapainya tujuan kegiatan
MATERI
POKOK
1. Metode
Pendidikan Kepramukaan adalah cara memberikan pendidikan watak kepada peserta
didik melalui kegiatan Pendidikan Kepramukaan yang menarik, menyenangkan dan
menantang, yang disesuaikan dengan kondisi, situasi dan kegiatan peserta didik
2. Metode
Pendidikan Kepramukaan merupakan cara belajar progresif melalui :
a) Pengamalan
Kode Kehormatan Pramuka
b) Belajar
sambil melakukan learning by doing
c) Sistem
beregu Patrol system
d) Kegiatan
yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan
perkembangan rohani dan jasmani anggota muda
e) Kegiatan
di alam terbuka
f) Kemitraan
dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan
g) Sistem
tanda kecakapan
h) Sistem
satuan terpisah untuk putera dan puteri
i)
Kiasan dasar
3. Penjelasan
masing-masing unsur sebagai anak sistem metode Pendidikan Kepramukaan
a) Pengamalan
Kode Kehormatan, kode kehormatan dilakukan dengan
Ø Menjalankan
ibadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing
Ø Membina
kesadaran berbangsa dan bernegara
Ø Mengenal,
memelihara dan melestarikan lingkungan beserta alam seisinya
Ø Memiliki
sikap kebersamaan
Ø Hidup
secara sehat jasmani dan rohani
Ø Bersikap
terbuka, mematuhi kesepakatan dan memerhatikan kepentingan bersama, membina
diri untuk bertutur kata dan bertingkah laku sopan, ramah dan sabar
Ø Membiasakan
diri memberikan pertolongan, berpartisipasi dalam kegiatan bakti, dan mampu
mengatasi tantangan tanpa mengenal sikap putus asa
Ø Kesediaan
dan ke ikhlasan menerima tugas, berupa melatih ketrampilan dan pengetahuan,
riang gembira dalam menjalankan tugas menghadapi kesulitan maupun tantangan
Ø Bertindak
dan hidup secara hemat, teliti dan waspada dengan membiasakan hidup secara
bersahaja
Ø Mengendalikan
dan mengatur diri, berani mengahadapi tantangan dan kenyataan, berani mengakui
kesalahan, memegang teguh prinsip dan tatanan yang benar dan taat terhadap
aturan atau kesepakatan
Ø Membiasakan
diri menepat janji dan bersikap jujur
Ø Memiliki
daya pikir dan daya nalar yang baik, dalam gagasan pembicaraan dan tindakan
b) Belajar
sambil melakukan
Belajar
sambil melakukan, dilaksanakan dengan :
Ø Kegiatan
Pendidikan Kepramukaan dilakukan melalui praktek sacara prakris sebanyak
mungkin
Ø Mengarahkan
perhatia peserta didik untuk melakukan hal kegiatan yang nyata, serta
merangsang rasa keingintahuan terhadap hal-hal baru dan keinginan untuk
berpartisipasi dalam segala kegiatan
c) Sistem
beregu
Sistem
beregu dilaksanakan dengan alasan :
Ø Sistem
beregu dilaksanakann agar peserta didik memperoleh kesempatan belajar memimpin
dan dipimpin berorganisasi, memilkul tanggung jawab, mengatur diri, menempatkan
diri, bekerja sama dalam kerukunan (gotong royong)
Ø Peserta
didik dikelompokkan dalam satuan gerak yang dipimpin oleh mereka sendiri, dan
merupakan wadah kerukunan diantara mereka
Ø Kegiatan
ini mempermudah penyampaian pesan di alam terbuka dan mengurangi rentang
kendali spend of control
d) Kegiatan
yang menantang dan mengikat serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan
perkembangan jasmani dan rohani anggota muda pelaksanaan metode dilakukan
dengan :
Ø Kegiatan
Pendidikan Kepramukaan yang menantang dan menarik minat kaum muda, untuk
menjadi pramuka dan bagi mereka yang telah menjadi pramuka agar tetep terpikat
dan mengikuti serta mengembangkan acara kegiatan yang ada
Ø Kegiatan
Pendidikan Kepramukaan bersifat kreatif, inovaif dan rekreatif yang mengandung
pendidikan
Ø Kegiatan
dilaksanakan secara terpadu
Ø Pendidikan
dalam Gerakan Pramuka dilaksanakan dalam tahapan peningkatan bagi kemampuan dan
perkembangan individu maupun kelompok
Ø Materi
kegiatan pendidikan kepramukaan disesuaiakan dengan usia dan jasmani serta
rohani peserta didik
Ø Kegiatan
Pendidikan Kepramukaan disuhakan agar dapat mengembangkan bakat, minat dan
emosi peserta didik serta menunjang dan berfaedah bagi perkembangan diri
pribadi masyarakat dan lingkungannya
e) Kegiatan
di alam terbuka
Ø Kegiatan
di alam terbuka memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara
unsur-unsur alam dengan kebutuhan untuk melestarikanya, selain itu
mengembangkan suatu sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati
keseimbangan alam
Ø Kegiatan
di alam terbuka memotivasi peserta didik untuk ikut menjaga lingkungan dan
setiap kegiatan hendaknya selaras dengan alam
Ø Kegiatan
di alam terbuka dapat “
·
Mengembangkan kemampuan diri mengatasi
tantangan yang dihadapi
·
Membangun kesadaran bahwa tidak ada
sesuatu berlebihan didalam dirinya
·
Menemukan kembali cara hidup
yangmneyenangkan dalam kesederhanaan
·
Membina kerjasama dan rasa memiliki
f) Kemitraan
dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan
Ø Anggota
dewasa berfungsi sebagai perancana, organisator, pelaksana, pengendali,
pengawas, dan penilai serta bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan
Pendidikan Kepramukaan anggota muda
Ø Pramuka
Penegak dan Pandega berfungsi sebagai pembantu aggota dewasa dalam
melaksanakann kegiatan Pendidikan Kepramukaan
Ø Anggota
muda mendapatkan perdampingan dan pembinaan dari anggota dewasa, seblum
malaksanakan kegiatan anggota muda berkonsultasi dulu dengan anggota dewasa
g) Sisitem
tanda kecakapan
Ø Tanda
kecakapan adalah tanda yang menujukkan kecakapan dan ketrampilan tertentu yang
dimiliki peserta didik
Ø Sistem
tanda kecakapan bertujuan mendorong dan merangsang para pramuka agar selalu
berusaha memperoleh kecakapan dan ketrampilan
Ø Setiap
pramuka wajib berusaha memperoleh ketrampilan dan kecakapan yang berguna bagi
kehidupan diri dan baktinya kepada masyarakat
Ø Tanda
kecakapan yang disediakan untuk peserta didik ialah :
·
Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang
diwajibkan untuk dimiliki oleh pserta didik
·
Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang
disediakan untuk dimiliki oleh peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya
·
Tanda Pramuka Garuda (TPG)
·
h) Sistem
satuan terpisah untuk putera dan puteri
Ø Satuan
Pramuka Puteri dibina oleh Pembina Puteri, satuan Pramuka putera dibina oleh
Pembina Putera
Ø Perindukan
siaga putera dapat dibina oleh pembina puteri
Ø Jika
kegiatan diselenggarakan dalam bentuk perkemahan harus dijamin dan dijaga agar
tempat perkemahan puteri dan perkemahan putera terpisah. Perkemahan puteri
dipimpin oleh pembina puteri dan perkemahan putera dipimpin oleh pembina putera
i)
Kiasan dasar pelaksanaan metode
Pendidikan Kepramukaan
Ø Kiasan
Dasar adalah ungkapan yang digunakan secara simbolik dalam penyelenggaraan
kegiatan pendidikan kepramukaan
Ø Kiasan
dasar digunakan untuk mengembangkan imajinasi, seuai dengan usia perkembangan
peserta didik
Ø Kegiatan
pendidikan Kepramukaan bila dikemas dengan kiasan dasar akan lebih menarik, dan
memperkuat motivasi
Ø Kiasan
Dasar bila digunakan akan mempercepat perkuatan lima ranah kecerdasan terutama
ecerdasar emosional
4. Pelaksanaan
Metode Pendidikan Kepramukaan
a. Metode
Pendidikan Kepramukaan pada hakekatnya tidak dapat dilepaskan dari Prinsip
dasar Pendidikan Kepramukaan
b. Metode
Pendidikan Kepramukaan sebagai suatu sistem terdiri atas unsur-unsur pengamalan
Kode Kehormatan, Belajar sambil melakukan, sistem berkelomppok, kegiatan
menantang yang mengandung pendidikan, kegiatan di alam terbuka, sistem tanda
kecakapan, sistem satuan terpisah untuk putera dan untuk puteri dan sistem
among. Sistem among merupakan su sistem terpadu dan terkait, yang tiap unsurnya
mengandung unsur pendidikan yang spesifik dan saling memperkuat serta menunjang
tercapainya tujuan
PENUTUP
1.
Pelaksanaan metode kepramukaan dlam
suatu kegiatan Pendidikan Kepramukaan terpadu dengan pelaksanaan Prinsip Dasar
Pendidikan Kepramukaan, sehingga dalam penerapan metode Pendidikan Kepramukaan
selalu dijiwai oleh prinsip dasar Pendidikan Kepramukaan
2.
Metode Kepramukaan ciri khas pendidikan
dalam Gerakan Pramuka
3.
Metode Kepramukaan merupakan tiang atau
sendi-sendi bangunan dalam setiap kegiatan Pendidikan Kepramukaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih atas komentarnya mudah-mudahan bermanfaat